Whatsapp-Button

GERAKAN ORANG TUA ASUH SANTRI

MEMBANTU MEREKA UNTUK TETAP BERSEKOLAH, MENCARI ILMU AGAMA DAN MENYEBARKANNYA

KESEMPATAN MERAIH PAHALA

Siapa yang tak mau pahala jariyyah dunia akhirat? Daftarkan diri anda dalam program orang tua asuh bagi para Santri di Pesantren Modern Ar Risalah Lubuklinggau. Dengan bantuan dan keIkhlasan antum, betapa berkah dan limpahan pahala yang luas yang insya Allah akan diraih?


Yayasan Pesantren Modern Ar Risalah Lubuklinggau bersama Pesantren Modern Ar Risalah Lubuklinggau membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi dalam program Investasi Akhirat Santri(Orang Tua Asuh) bagi para santri yatim, miskin atau keluarga tidak mampu

BERSAMA SANTRI RAIH SURGANYA

Dengan ikut membiayai dana pendidikan selama di Pesantren, antum sudah ikut berpartisipasi untuk mencetak para calon da’i dan ulama masa depan, mereka yang memiliki potensi besar untuk ikut dalam kegiatan dakwah dan pendidikan Islam di masyarakat serta membentuk benteng pertahanan ilmu Islam masa depan di Negeri ini.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا


“Barangsiapa yang menyeru kepada sebuah petunjuk maka baginya pahala seperti pahala-pahala orang-orang yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi akan pahala-pahala mereka sedikitpun dan barangsiapa yang menyeru kepada sebuah kesesatan maka atasnya dosa seperti dosa-dosa yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi dari dosa-dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)..

  1. Program Orang Tua Asuh adalah program yang diluncurkan oleh Yayasan dan Pesantren Modern Ar Risalah, Lubuklinggau, Sumatera Selatan.
  2. Program Orang Tua Asuh adalah merupakan program ajakan untuk bekerjasama dalam bentuk saling tolong menolong secara sukarela untuk ikut membantu para santri dari kalangan miskin dan tidak mampu yang sedang menjalani program pendidikan selama di Pesantren.
  3. Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh para Orangtua asuh adalah dengan meberikan bantuan berupa tanggungan biaya pendidikan santri asuhan selama menjalani masa pendidikan di Pesantren.
  4. Biaya tersebut mencakup SPP bulanan dan biaya pembelian buku atau keperluan lain yang masih dalam lingkup pendidikan dengan nilai sesuai tagihan dari pihak Pesantren. (SPP Pesantren Modern Ar Risalah Lubuklinggau tahun 2021 adalah : Rp.800.000)
  5. Pemilihan jenis Paket Orang Tua Asuh ditentukan di awal perjanjian dengan kesepakatan bersama pihak yayasan dan Orangtua Asuh. Orangtua Asuh dapat merubah jenis paket orang tua asuh yang diinginkan dengan memberitahukan kepada pihak Yayasan.
  6. Yayasan idak membatasi jumlah santri yang akan menjadi Asuhan bagi satu Orangtua Asuh, namun Yayasan berhak membatasi jika jumlah calon orangtua Asuh melebihi jumlah calon santri asuhan.
  7. Penentuan Santri yang akan menjadi asuhan bagi Orangtua Asuh ditentukan oleh Pihak Yayasan, kecuali jika Orangtua Asuh sudah memiliki kesepakatan dengan pihak Santri terkait.
  8. Orangtua Asuh berhak menentukan kriteria santri yang diinginkan untuk menjadi asuhannya, namun yayasan tidak menjanjikan kriteria calon santri yang ada benar-benar memenuhi kriteria orangtua asuh. Orangtua Asuh akan diberitahu oleh pihak yayasan pada Setiap kali ada tagihan kebutuhan selain SPP bulanan.
  9. Pada saat terjadinya keterlambatan pembayaran SPP oleh orangtua Asuh kepada pihak Yayasan, maka yayasan akan menghubungi Orangtua Asuh untuk melakukan penagihan.
  10. >Dan jika biaya tagihan SPP tidak dibayar selama 3 bulan berturut-turut tanpa adanya penjelasan, maka pihak yayasan berhak menghentikan perjanjian ORANG TUA ASUH secara sepihak dengan memberitahukannya kepada pihak Orangtua Asuh.
  11. Pembayaran SPP santri di Pesantren Modern Ar Risalah Lubuklinggau dilakukan sebelum tanggal 10 pada setiap bulannya.
  12. Keterlambatan dari waktu yang ditentukan maka pihak Yayasan akan mengingatkan pihak Orangtua Asuh dengan mengirimkan pesan atau komunikasi telepon.
  13. Jika Orangtua Asuh hendak menghentikan Program Orang Tua Asuh yang sedang berjalan, maka hendaknya memberitahukan kepada pihak Yayasan dan penghentian Kafalah dilakukan dengan memberikan biaya tanggungan untuk 1 bulan berikutnya.
  14. >Orang Tua Asuh tidak dikenai beban biaya pendaftaran (uang pangkal pendaftaran). Kecuali jika yang bersangkutan secara sukarela memberikannya untuk membantu. Orangtua Asuh tidak dikenai biaya kebutuhan belanja santri selama di pesantren, kecuali jika yang bersangkutan memberikannya secara sukarela.
  15. Orangtua asuh membuat perjanjian/kontrak kesepakatan dengan pihak yayasan sebagai penyelenggara program orang tua. Orangtua asuh berhak mendapatkan: Kuitansi pembayaran SPP atau biaya lain yang terkait pendidikan pada setiap kali melakukan pembayaran.
  16. Laporan perkembangan dan informasi pencapaian akademik Santri (3 bulan sekali).
  17. Melakukan pengecekan langsung ke lokasi pesantren untuk memantau langsung perkembangan santri asuhannya.
  18. Seluruh Informasi bukti pembayaran atau laporan akademik akan dikirimkan melalui pos atau menggunakan jalur Mail Elektronik (Email-Whatsapp-Telegram)
  19. Orangtua Asuh akan dikenalkan kepada wali santri terkait jika dirasa tidak memberatkan. Hal ini demi terjalinnya hubungan kekeluargaan yang lebih baik.
  20. secara otomatis, Program Orang Tua Asuh terhenti.
  21. Pihak yayasan akan segera memberitahukan kepada Orangtua Asuh dan memberikan penjelasan.
  22. Namun jika Pihak Orangtua Asuh berkenan, maka Yayasan dapat memindahkannya kepada Santri lain yang direkomendasikan oleh Pesantren dengan persetujuan pihak Orangtua Asuh.
  23. Orangtua Asuh tidak perlu datang ke kantor Yayasan untuk melakukan registrasi program Orang Tua Asuh. Pendaftaran bisa dilakukan secara Elektronik di Website ini melalui Klik LINK Ini atau komunikasi langsung dengan petugas Yayasan.